Monday, April 09, 2007

cerita liburan panjang

Liburan panjang... haiah.. gak ada acara kemana-mana soalnya harus ke kantor hari sabtunya.. waduh kan nanggung gitu..
Hari Jum'at acaranya dirumah saja cuma bobo sama makan aja... soalnya seharian ujan deres...
Ayah pagi2 dah nyuci motor.. ya otomatislah i-an ikut basah-basahan dilarang malah nangis.. yo weislah ta biarin aja...


sementara i-an sama ayah lagi cuci motor bunda masak cepet2.. menunya gepuk, soto bandung (he..he.. memanfaatkan daging dari gepuk sih.) perkedel kentang, tahu goreng sama krupuk.. oya cemilannya bunda bikin getuk (singkok) gula merah.. waduh kemringet deh numbuknya..


oya nih bunda kasih resep soto bandungnya..

bahan :
lobak 2 buah (diiris kecil dan tipis rebus setengah matang)
daging sapi 1/2 kg
kacang kedelei 1 ons (direndam kemudian goreng garing)
bawang goreng




bumbu
bawang putih, bawang merah, merica (ditumbuk halus)
laos/laja, sereh, salam, jahe, kunyit (diiris)
garam & gula secukupnya
daun bawang/seledri (diiris)
tomat (diiris)


caranya
daging direbus hingga empuk, setelah empuk potong2 dadu
lalu rebus kembali kedalam kaldu-nya yang telah disaring
masukan bumbu yang telah dihaluskan dan bumbu2 lainnya lalu biarkan mendidih
masukan garam dan gula secukupnya
setelah mendidih masukan lobak yang telah direbus, daun bawang/seledri dan tomat
siap disajikan...

*** kacang kedelai dan bawang goreng ditaburkan diatasnya saat penyajian dimangkuk jangan kedalam sayurnya..

Hari sabtu, bunda harus kekantor.. cuma sudah komitmen bunda sama ayah kalo hari libur itu sepaket.. artinya nggak boleh ada anggota keluarga yang tercecer (haiah.. bahasanya).. jadilah ayah sama i-an bunda boyong ke kantor..

oya.. tadinya bunda pikir i-an bakal malu ketemu temen2 bunda dikantor... tapi ternyata diluar dugaan. malah pecicilan lari sana lari sini semua orang ditanya.. "teteh/aa apa..?" (teteh/aa lagi apa?).. bunda sampe lieur... abisnya takut kena kabel sih..
i-an lagi bantuin ummi Raihan cari berkas neh...




Hari minggu, kami sekeluarga ke rumah neneknya i-an dicijerah... tadinya pengen makan gurame bakar di gunung lagadar deket cipatik.. cuma kok ayah malah reuni sama temen2 kecilnya jadinya keburu siang deh.. lon lagi ujan turun deras banget.. cuma anehnya ujannya ya cuma disekitar cijerah aja.. saking derasnya hujan, depan rumah ibu mertua sampe banjir 'cileuncang' gitu... wah i-an senengnya bukan main.. dia pikir kolam renang dadakan deh..



asyiek.. berenang lagi... wah ada ikannya

17 comments:

Ryu`s Mom said...

Nyam..nyam...pinter masak nih kayaknya...I-ansuka bantu ayah nyuci motor ya..pinternya..

neli said...

ngiler ih liat soto nya.. penampakan bener2 sot bandung aseli hehe..
loh? dikau temen sekantor ummi Raihan? baru tau daku.. i-an, motor tante masih kotor tuwwww...

mama arya said...

I-an bem..bem..kita sama yak yuk balapan oke..oke...gag bisa ke SB eror meluluw

Bundanya Tiara said...

kabita soto bandung..............:). Btw, asyik juga ke kantor bawa rombongan sepaket. LEbih anteng kerjanya ato lebih riweuh tante???..:)

Tety said...

Wah boljug tuh resep soto bandungnya, coz aku & ayahnya vasya suka ma soto yg satu ini, kalo ke bandung atau dimana aja yg ada menu ini, pasti si ayah pilih ini

Yosie said...

Gimana gak gagal programnya wong menunya aja soto bandung n gepuk, duh ghia perut gw kriuk2 nih, klo kpn2 gw maen ke bandung bikinin soto n gepuknya ya.

mamanayla said...

sama donk kita wiken kemarin masak Soto....Ian masih kecil udah pintar bantu ayah ya....

farrel's mom said...

asik-asik ada resep soto bandung..nyontek aaah! Teh dikau ka cijerah.. diblok brp siy? Mama sy diblok 2 da'
I-an hobinya maen air yak... gakpapalah asal jgn main api *naooon deui* hehehhe

Calysta Dhinda Oktarasya said...

ooo itu namanya soto bandung toh.. mg lalu katering di kantor ada soto keik gt, cuma gak nanya namanya soto apa.. br tau d gw..

Bunda Faikar said...

eitt soto bandung??
itu kesukaan faikar lohh
tau nggak, aku orang padang loh! tapi bisanya bikin soto bandung, gara gara dulu tetanggaku orang bandung asli
umm sedapp soto bandung
jadi pengen nyobain soto bandungnya mommy Kiki dehhhh

yanti said...

rajin banget Ghia, masaknya banyak pisan.. hihihihi...

Nia said...

Ian rajin bantuin nyuci motor, Bunda rajin masak niy :)

@untie_Santi said...

Waduh..momikiky slalu ajah bikin ngiler...*tes..tes..*

Krisna Muslim said...

Aduh mommy... bau sotonya myampe sini... sluruuuup

Sofia AdiRa said...

makanan...makanan.... itu sotonya bikin orang kepengen. pinter masak ya momikiky ini.

eh i-an, rajin banget ya bantu2 cuci motor. anak kecil emang paling seru kalo disuruh main air.

intanariestya said...

hahaha, liburan kok ngantor tho bun.. btw, kemarin aku liat bun lagi jalan bareng ummiraihan lho di kamus.. hihi.. :)

intanariestya said...

eeh, kampus maksudnya.. :)