Monday, June 11, 2007

gogog....

Sabtu-Minggu kmaren kami skluarga gak kemana-mana. Lagi dihampiri penyakit malas, jadinya pengennya boboan aja dirumah sambil nonton TV he..he... kebetulan dideket rumah juga lagi ada pertandingan sepakbola anak anak. Jadinya bunda nemenin i-an nonton sepak bola.
Ada kejadian yang bikin bunda kaget. Saat bunda sama i-an nonton bola tiba-tiba i-an bilang "a***ng" hah... bunda kaget banget karena selama ini bunda nggak pernah ngajarin i-an seperti itu paling nggak untuk memperhalus bunda ganti dengan "gogog"
"apa de..? de i-an bilang apa..?" tanya bunda mempertegas
"a***ng" kata i-an tanpa ekspresi
"gogog..." bunda berusaha mengalihan
"gogog.. nda.." i-an memastikan
"iya.. gogog kan temennya memeng si 'goler'" trus i-an diam dan kembali asyiek bersorak
gak lama eh bilang lagi... ternyata eh ternyata (keik lagu rhoma irama deh) ada segerombolan anak2 laki tanggung sedang ngobrol dengan temannya dan menyelipkan kata "a***ng" diantaranya...
wahhhh bahaya neh.. bunda langsung ajak i-an pulang.. walau i-an meronta gak mau tapi bunda paksa pulang aja.
Sesampai dirumah i-an bunda kunci didalam rumah, walau sesekali i-an ngintip yang main sepak bola dari jendela tapi bunda biarin aja hmmm walau sebenerny kasian sih, akhirnya i-an beralih ke main mobil2 an.. bunda tetep perhatikan i-an sambil tiduran di depan TV.. tapi kok bunda masih dengar i-an bilang "a**ng" arrrggghhhh pengen marah deh tapi ya sudahlah.
Sore hari begitu ayah pulang bunda langsung membahas ini dan atas saran ayah bunda langsung telp dokter psikolog yang biasa menangani perkembangan i-an. eh dokternya bilang "gak papa kok bu... itu hanya proses saja... kan i-an sendiri gak ngerti dengan ucapannya.. nanti juga hilang dan akan berganti dengan kata-kata lainnya kok..anak usia seperti i-an emang telinganya lagi sangat peka dan suka ngikutin apa yang diucapkan dan dilakukan orang lain... ibu tinggal meluruskan/memperbaiki dengan sabar jangan emosi.." hmmm lumayan membuat adem deh jawaban tuh dokter.
Tapi namanya juga Ibu teuteup aja was-was takutnya kata itu nempel terus... gmana yah..
Temen2 punya saran gak.. aku harus gmana neh biar i-an gak ngucapin kata itu lagi.. soalnya aku perhatikan kalo lagi sendiri dia seling mengucapkannya dan mengulang2nya walau tanpa ekspresi mengerti...

28 comments:

Khansa-Titan said...

memang lingkungan sangat berpengaruh terhadap apa yang diucapkan anak BUn,...,Selama masih sering mendengar kata2 itu dari lingkungan agak susah...., kita sebagai orang tua memang harus ekstra ati2....
tapi seiring waktu dengan penuh kesabaran kita kasih pemahaman sesuai perkembangan umurnya dan dijauhkan dari lingkungan mudah2an bisa segera mengerti...

Azzah said...

wah iya betul tuh, pusing juga klo lingkungannya gitu ya :(.
Bismillah, semoga ndak apa2.
eh i-an sama ama nawfal dulu, klo liat anjing blg gakgak, tp sekarang dah berubah lagi tuh, jadi enjing-njing :D

Yosie said...

Ghia.. justru kita harus ngajarin kata2 yg sebenernya klo anjing ya bilang aja anjing tp hanya utk sebutan binatang loh ya.. pernah ada cerita seorang ibu ngajarin anaknya nyebut alat kelamin laki2 dgn burung akhirnya pas liat burung sebenernya tuh anak malah bingung.

mamoy said...

anak segitu kan lagi seneng2nya ngikutin bund... lama2 juga ilang kok kata2 itu

Anonymous said...

Kalo nyebut anjing itu seperti anjing adalah a dog ngga papa kan bun..soalnya akbar jg sering saya ajarin anjing itu a dog...

cuma kl ada lingkungan orang2 dewasa yg menyalahgunakan kata2 itu, paling kita arahkan...setiap sianak ngomong ngga bener langsung kita bantu ralat dg kata2 yg bener, lama2 dia ngikutin kita kan...trus kl anak sebisa mungkin dihindar dr lingkungan yg omongannya ga bener...jangan sering2 denger itu...

Bundanya Tiara said...

iya, emang gampang2 susah ya neng....soalnya dia blom ngerti, jadi bener2 nerima apa yang dia denger aja dari lingkungan tanpa disensor. COba dikasih pengertian, anjing dalam bahasa indonesia itu apa, terus a**** dalam bahasa lain teh apa. walo mungkin dia juga ga ngerti kalo kita jelasin, minimal ada lah yang dia tangkep. Mudah2an berproses..:-)

intanariestya said...

hehe, momykiky lagi puussssiiiiing ya?!

tenang aja bun, jangan berekspresi kaget ato apapun, biarin aja dia, seolah sama ketika dia nyebutin nyamuk, ato singa..

terus langsung alihkan perhatiannya, biar nggakterfokus pada hal itu lagi..

hope it helps ya mbak ghia?!

Ryuta Ando said...

jangan panik donk bund..nanti juga kata-kata itu kan hilang dengan sendirinya, seiring I-an besar nanti. Namanya juga anak kecil..suka copy paste apa yg dia lihat dan dia dengar.

Anonymous said...

Hhihihii gag ada foto kurang apdol cie bhsne kapan mbak mudik ning kediri

Anonymous said...

sory salah ketik , maksudnya hati2 dengan lingkungan biasanya anak2 klo di biarkan membaur ama anak yg elbih dewasa akan lebih cpet kenal hal2 baru terutama di masy / bukan di perumh

Nia said...

Kayaknya I-an terpengaruh lingkungan ya Bun.. Ga papa pake kata a****g utk nambah vocab ttg binatang. Asal jgn sampe kt tsb dipake utk mengumpat.

El van said...

klo diBdg mah kebanyakan barudak teh suka nyelipin "gogog" ya ditiap kalimatnya... heran eike! mdh2an I-an gk keterusan deh...stuju apa kt Nia

Anonymous said...

setujuh ama Ryu's Mom tuh mbakee. Ketika anak lg ngomong bgituan, dihadepin dg tenang aja, jgn buru2 marah/panik. Ksi tau baik2.. trus diajak ke aktivitas yg laen. i/ qjj nanti akan tau sendiri & kata2 buruk itu akan hilang. Klo ksi tau smbil marah2, penuh stressing .. kadang anak malah (jadi fokus pd kt itu &) tertantang u/ ngulangin lg.

Unknown said...

Iya anak kecil kan masih polos, selama ini Kintan kalo bilang anjing *tanpa maksud apa2*, aku bilang lagi "kita panggil gukguk aja yaaa", dan dia nurut.

sport jantung ya punya anak kecil...

Anonymous said...

Wah sama kayak aku dulu mom...entahlah karena risih mendengar kata tersebut dan anak-anak kan sering ceplas-ceplos, aku banyak mengganti beberapa kosa kata yang kuangggap gak enak didengerin menjadi kosa kata yang lebih halus. Ada yang kuubah menjadi bhs inggris ada yang disamarkan. Contoh : An*ing = Doggy, Mo"Yet = Monkey, Alat kelamin Pria & Wanita kuganti yang lebih halus (disamarkan. Setelah Alya lebih besar ternyata dia juga mengerti sebutan sebenarnya, meskipun jarang digunakan.

Cara melatihnya, bisa kok pada saat dia mengucapkan A*jing kita (pengasuh, ayahnya dsb) langsung menimpali..oiya doggy nya lucu ya...iya itu doggy. dst..lama lama dia akan mengikuti kita (Aku dl mengalami hal yang sama kok). Tenang mom..mungkin masanya de Ian masa meniru.

M. Raul Yasin Widjayabrata said...

padahal itu nama binatang ya?...tapi kok berkonotasi nyeremin/kotor...

binun...aku juga ngajarin raul bilang a****g itu dogi

Anonymous said...

Menurutku sih ntar lama-lama juga hilang koq. I-an kan nggak tau artinya. Anak segitu emang cepat banget nangkap. Semua yang kita bilang langsung diulang lagi. Jadi dijauhin aja sementara dari sumbernya. Nanti pasti lupa deh. Sebentar koq. Fia juga gitu. Makanya aku juga bingung. Emang lingkungan pengaruhnya gede banget.

Anonymous said...

Emang anak seusia Ian lg suka meniru....seiring dg bertambahnya usia nanti jg akan tau mana yg baik dan mana yg buruk, sambil dibimbing gitu

mamanayla said...

memang batita itu ibarat "burung beo" setiap kata2 orang pasti diikutin. Tenang aja bun....yg penting bundanya tetap kasih penjelasan kalau a***ng tadi itu adalah nama binatang.

Keira Adzra Athayya said...

waduh bunda lagi binun yah... ntar juga lama2 ian ngerti, dari pada ntar susye ngejelasin lg klo skrng diganti2 he...

Mom of Calysta 'n Clarissa said...

Anak kecil itu kan keik Beo bun, jd dia akan meniru perkataan org2x disekitarnya.. Mungkin diawasin aja spy gak terlalu deket/main di lingkungan spt itu..

primaningrum said...

wah... aku jadi ikutan menyimak komen2-nya nih secara belum pernah kejadian ma alifah balqiz, karena kosa kata mereka juga blom banyak...

Mama Firza said...

sama bun, kaka firza juga suka ngomong "kurang ajar" dengan ekspresi yang polos n lugu banget, gw yakin dia gag ngerti artinya tapi yang dengernya kan bisa shock...
akibat kebanyakan nonton sinetron :P

Nunik said...

Emang benar.. ada baiknya juga bilang kata yang sebenarnya.. Kalo misalnya ian ngomong anjing, ada baiknya Bunda mengalihkan dengan bertanya sama Ian.. misal "oh Anjing.. Ian tauk Anjing? Kalo Anjing suarangnya seperti apa sayang??... Jadi walopun orang disekitarnya ngomong anjing... dalam imajinasi Ian Anjing itu adalah seekor binatang lucu :), bukan sebuah makian ...

STAR said...

menurutku, anak berhak tahu apa kata yg sebenarnya dari suatu benda. supaya dia tidak kebingungan ketika dia bersosialisasi atau bergabung dengan komunitas yg lebih heterogen.
tapi tetap perlu dijelaskan apa kata yg lebih disukai dari sang bunda untuk didengar dari anaknya. untuk anak yg lebih besar bisa dijelaskan kenapa suatu kata lebih disukai oleh bunda/orang pd umumnya.

aku sendiri si dulu nggak ikut kuliah psi perkembangan dg serius. tapi mmg nggak perlu panik jeng..
anak kita berkembang seperti spons kering yg langsung menghisap air. ndak bisa dikendaliin info yg diterima. yg penting aturan2nya ditanamkan kpd anak.

adik sy pernah bertanya apa arti "f@#$". sy bilang itu adalah makian. dia tetap penasaran n bersikeras tanya artinya. sy bilang org dewasa sendiri kdg tidak paham arti sebenarnya. dan sy blg ada kata-kata yg tidak memiliki arti tp ketika diucapkan mk semua orang setuju itu sangat kasar dan menyakitkan.

maaf ya bun.. ndak maksud menggurui nih.. maaf ya..

Anonymous said...

Dulu Safa kalau bilang anjing tuh guk guk...sekarang berhubung tinggal di perantauan aku ikutin saja bahasanya disini, namanya inuchan.Terus manggil cuma inu inu inu...

naDhiN said...

Loha...Loha....:) lam kanl...:)

visit my blog OK...thanks:)

Anonymous said...

Ikutan baca komen2 yah bund..
Memang lingkungan sangat berpengaruh dng perkembangan anak. Axl sering "smack down" ke adeknya, dipikir2 kayanya krn nonton di teve deh.. mendingan nonton barney aza d..