Tuesday, August 03, 2010

gi gelisah...

akhir-akhir ini bunda lagi gelisah, bingung...
beberapa hari kedepan sudah memasuki bulan Ramadhan. Ingin sekali bunda syaum tapi dilematik dengan produksi ASI.... karena d'dhika masih dibawah enam bulan, usia dhika 6 bulan nanti tanggal 26 Agustus 2010.
Bunda masih berjuang ASI-Eks. Cuma biasanya kalo syaum produksi ASI sedikit berkurang (pengalaman waktu bayinya a'i-an).
Akhirnya minggu lalu bunda putuskan mulai memberikan SuFor.. hmmm walau dengan sedikit rasa bersalah dengan harapan nanti bulan Rhamadhan bunda bisa syaum dan ternyata keputusan bunda bukan keputusan yang benar.
Dhika hanya 1 kali saja dikasih SuFor (sekarang dah stop) tapi ternyata efeknya lama, udah 4 hari ini d'dhika gak bisa bab sekalinya kemaren mawu bab nangis kejer dan babnya pliket dengan aroma menyengat. Sedih banged bunda lihat d'dhika nangis-nangis, perasaan bersalah terus menghantui.
Haruskah bunda memaksakan kehendak bunda agar bisa melaksanakan kewajiban dari Allah untuk berpuasa, sedangkan d'dhika belon sanggup menggantikan ASI... maafkan bunda ya say...

Temen-temen sharing dong... kasih pendapat ya.....

7 comments:

dey said...

gak tau nih, pendapatku benar atau salah. Kalo shaum itu kan bisa diganti, trus memang di bolehkan juga yg sedang menyusui untuk tdh shaum.
Jadi, knapa gak menyusui dulu aja. Tapi gak tau juga nih, nilai ibadahnya sama ngga ya. Dua2nya juga kewajiban kan ?
Kalau salah tolong dikoreksi ya ..

entik said...

aih dilema bener kalau lagi menyusui gitu. Aku dulu juga ga shaum karena waktu itu ikhsan baru 3 bulan. Takut ASI kurang dan kurang sharing sama sesama ibu menyusui hihi..

tapi denger sharing dari tetanggaku yang tahun lalu punya bayi tapi tetep bisa sahum & produksi ASI tetep mencukupi buat si bayi. Tips-nya katanya si ibu kudu yakin kalau ASI-nya mencukupi trus buka dan sahur banyakin minum vitamin, sari kurma dan sayuran.

Bundanya Nay dan Carissa said...

Maaf ya, aku blm pernah mengalami, soalnya wkt Nay lahir seminggu setelah lebaran :)
Dalam islam tidak memberatkan kok, betul kata teh Dey, kalo sekiranya membahayakan buat d dhika, lebih baik gak puasa dulu. Nanti kan bisa diganti di lain hari :)

Fitri3boys said...

kebetulan waktu Fai pas dia dah 6 bulan, jadi bs ikut puasa, dan ASI jalan terus walo puasa, kalo masih blum makan dan pengen KASIH asI KAYAKNYA PUASANYA Gak usah dipaksakan kalo takut ASInya berkurang/gak keluar , tapi kalo yakin seperti tetangganya jeng entik , insya allah pasti bs shaum sambil menyusui.

mamoy said...

hai hai hai... lama deh nggak say hi to bunda Ian
mo sharing aja, selama ini aku puasa walo Tanisha (4 bulan)masih asi ekslusif. Awalnya sih nyoba dulu soalnya pas jaman valisha dulu hasil pompaanku ternyata sama aja ama gak puasa. Sekarang ini juga ternyata hasil pompaan di kantor sama aja trus adenya juga gak komplen gimana, masih mo nyusu sih. Tapi tiap orang beda ya.. mungkin di orang laen produksi asinya jadi berkurang...

bundanya i-an said...

thanks 4 all yah...
makasih untuk sarannya he he he..
akhirnya aku puasa juga alhamdulillah..
walau awalnya aku sempet gak puasa karena pas aku peres ASI ku sedikit he he he mungkin karena stress dan khawatir aja kali ya... dan alhamdulillah sekarang aku puasa plus ASI nya tetep banyak he he he..
makasih ya say saran2 nya...

ira i said...

Bundanya Ian TOP deh! Insyaallah dilancarkan dalam segala hal...ASInya melimpah ruah dan ibadahnya jalan terus...amin