Monday, November 20, 2006

Napak Tilas

Hari minggu kemaren ayah dan bunda ngajak i-an jalan-jalan ke puncrut. Dan ternyata pengikutnya banyak ada mbah utie, ada om anto (adiknya bunda) ada mbah kecil (adik mbah utie) sekeluarga plus anak2 nya, jadinya seru deh 9 orang kita jalan-jalan.
Ceritanya pengen napak Tilas jalan ke puncrut lewat jurug dago soalnya terakhir bunda lewat jalan itu 13 tahun lalu zaman-zaman abg dulu lah...

Semua peserta (ceileh.. peserta kaya lomba aja) kumpul jam setengah 6 pagi dirumah bunda. i-an yang masih bobo pun terpaksa dibangunkan lebih awal deh...trus kita mulai jalan kaki menyusuri perkampungan dago tanggulan melewati sekolah alam dan langsung turun ke curug dago. Pasti temen2 masih jarang yang tahu curug dago yah..? curug dago itu air terjun yang ada batu tulisnya peninggalan dari kerajaan syam (entah tahun berapa.. bunda gak hafal) nah yang beda dari tempat lain kalo biasanya kita lihat air terjun itu langsung menengadahkan kepala keatas kalo ini posisi air terjun ada dibawah, jadi kalo mau lihat kita harus menuruni tebing ke arah bawah sungai (terusan sungai cikapundung) dan dibawah tebing itu pula posisi batu tulisnya berada..
Dari curug dago kita langsung menyusuri perkampungan curug yang naik terjal berliku. Gile.. kempor juga lutut neh dah lama gak jalan nanjak.
Nerobos perkampungan.. blon lagi kebun2 dan pekuburan yang rimbun munculah kita di sebuah lahan terbuka dengan jalan beraspal yang nampak masih baru...
Hmmmm kenapa kebun tomat berubah jadi jalan beraspal... kemana pohon2 kubis, Kemana kebun daun bawang & seledri, kemana pohon2 alpukat tempat dulu bunda berteduh... kenapa sekarang berubah gersang.
Jalan itu jalan baru Tembusan dari terminal dago via kampung bengkok yang menuju puncrut/lembang (katanya sih.. soalnya bunda gak menyusuri jalan beraspal itu).
Gersang banget.... tidak ada tempat berteduh lagi seperti 13 tahun lalu. Dimana kalo bunda lelah bunda berteduh dibawah pohon alpukat sambil mencuri tomat2 yang siap panen..(he..he.. kadang mencuri kadang juga minta sama si empunya dan si empunya selalu mempersilahkan memetik sepuasnya asal jangan merusak pohonnya). Atau kalo kehausan bunda gak pernah bawa minuman karena bisa langsung minum cai seke (air dari mata air)
Yang ada deretan buldoser... tanah yang berdebu.. serta kapling2 siap bangun dengan kode "Kav H No.3", "Kav N No.1" dan kode2 lain nya...
Hmmmm nampaknya mau jadi perumahan elite neh... tapi kalo bunda baca dikoran2 kan daerah puncrut dan bandung utara kan dilarang dibikin perumahan karena daerah itu kan resapan air... kok bisa yah....?
wah... sedih banget lihat perubahan yang drastis... wajar kalo daerah bandung bawah kekurangan air.. karena kan daerah resapannya dah gundul begitu..
duh miris dan prihatin deh...
Sampai puncrut pun suasana sangat berbeda.. sepi.. tidak banyak penjual dagangan, bahkan penjual timbel pun sedikit.. saung-saungnya dapat dihitung dengan jari.
Kata mbah kecil sih katanya pedagangnya gak sampai jalan menuju lembang kaya dulu lagi tapi banyak berkumpul di bawah deket terminal ciumbuleuit saja.
Hmmm berubah juga neh... apakah penduduk sudah bosan berjualan timbel..? bahkan pedagang sayuran kecil2 an pun dah nggak ditemui lagi...
Bunda sempet ngobrol sama salah satu pedagang cengek (cabe rawit). Katanya dia sudah gak punya kebun lagi sudah dijual untuk jadi lahan perumahan itu, yang tersira hanya rumah yang ditinggalinya dipinggiran jl puncrut, jadi dia jual cengek hanya seadanya dihalaman rumahnya saja. Dan uang hasil jual tanah pun sudah habis dibagikan saudara dan anak2 nya... hmmmm.. bayangin biasanya si mang ini jual hasil kebun berkeranjang2 tapi kemaren bunda lihat si mang hanya menjual segenggam cengek, dua ikat daun singkong, beberapa butir ganyol...

Hmmm begitu sedikit cerita napak tilas... bunda bingung harus komentar apa dengan perubahan suasana bandung utara khususnya puncrut dan kampung bengkok... Gak pantas kali yah berkomentar karena para panggeden sudah lebih tahu tujuan, manfaat dan kerugian dari apa yang kini terjadi.. Semoga manfaat nya lebih besar terutama bagi rakyat bandung.. bukan bagi kantung para panggeden. amien..

3 comments:

Mom of Calysta 'n Clarissa said...

I-an wikennya seru ya... Tapi kok jd sedih ya tau banyak pohon yang dah gak ada.. udaranya masih sejuk gak??? Mudah2xan banyak manfaatnya dari pada kerugiannya, amien..

Toko Fiara said...

seru bgd tuh, lebih seru lagi kl ada potona... aplod donk Bun..:D

cika said...

kmaren ini kayanya kita lewatin curug dago deh. ingetnya tuh karena ade bilang, ini ada aer terjunnya gitu
tapi ya cuman lewat aja sihhh :D